| Sunset di Sidangoli, Dokumentasi Agustus 2021 |
“Kukuruyuk” Pagi-pagi suara peayam
jantan somulai bateriak. Adek kecil deng muka
manis tasenyum. Dia pemata masih tatutup, tapi dia pejiwa so tabangun.
“Kukuruyu uk uk uk
uk uk uk” suara peayam jantan tadengar lagi deng tabatuk batuk. Adek kecil
tatawa.
“Selamat pagi.”
Jawab peadek kecil. “Makanya kalo kasih bangun tara usah kuat-kuat,
babatukkan?”
Adek kecil ni
bahenju sakali. Sekarang sokelas 5, hari ni dia somaso sekolah. dia penama
Ririn. Waktu kacil dulu, kalo ditanya “Ngana penama sapa adek kecil?” dia
salalu bajawab “Ririn”. “Ni sapa pedoi?”, dia langsung bajawab “Ririn punya.”
Kecuali kalo ditanya “Babau sekali, sapa yang konto?”, dia langsung batutup
hidung, sambil bajawab, “sapa yang bakonto?”, terus bateriak “mangaku?”
Ririn hidup
bertiga deng mama, dan papa. Mama Ririn punya hobi memasak, tapi tara bisa
bikin kue. Kue bikinan mama kelihatan hitam, pahit kalo dimakan.
Ririn suka
baprotes, “Ma, lebih baik kitorang beli kue di luar aja ya. Lebih irit daripada
bikinan mama.” Ririn baprotes “Lebih murah, yang penting tara hitam.” Lanjut
Ririn.
Papa Ririn pegawai
kantoran biasa deng gaji pas-pasan. Cukup menghidupi keluarga kecil ni. Tara
lebih tara kurang.
Cita-cita Ririn
ingin jadi presenter. Tamang lain lihat tayangan acara animasi, Ririn beda, dia
lihat berita. Ririn sering mengikoti presenter di televisi. Waktu kecil Ririn
pebakat so mulai keliahatan. Kalo mama bilang “mama” Ririn juga mengikoti
“mama.” Yaiyayah Ririn belajar babicara.
Kadang-kadang
Ririn sering mewawancari mama di dapur. Ririn pake pencil jadi microfon. Ririn
pegaya so jadi presenter kecil.
“Mama lagi
bikinanapa?”
“Mama lagi masak
dek. Kong adek bikinnapa?”
“Ririn lagi
wawancara, tara usah bales tanya ma.” Ririn tara suka mama tanya balik. “Lagi
masak apa?” Ririn melanjutkan.
“Mama masak nasi
goreng.”
“Ririn suka nasi
goreng. Bikin yang enak ma.” Usul Ririn. “Demekian berita dari dapur Ririn.
TVnews melaporkan.”
Lain waktu, Ririn
suka menginformasikan berita tara penting. Bagitu tara pentingnya Ririn tetap
jadi presenter mau kasih info ke kitorang semua.
“Di luar hujan
lebat. Kolam ikan kebanjiran. Ikan tenggelam. Kasihan sekali.” Ririn badiam
sejenak. “Untung Dorang bisa berenang. Sampai sekarang ikan tara mau keluar
dalam air. Dorang so betah sampai-sampai dipanggil kacang lupa kulitnya.” Ririn
bapikir sebentar.”Bukan kacang lupa kulitnya, tapi ikan lupa daratan. Kita
Ririn TVnews melaporkan.” Mama dan papa cuma bengong deng tingkah Ririn.
Ririn suka sekali
deng karakter Shizuka di film animasi Doraemon. Kata dia, “Shizuka itu cantik,
manis, dan pintar sama deng Ririn.” Talalu suka deng Shizuka, sampai-sampai
Ririn petembok dikasih gambar Shizuka. Tas gambar Shizuka, sepatu juga gambar
shizuka. Untung sekolah tara bolehin sepatu gambar Shizuka. Ririn tapaksa pake
sepatu hitam putih.
Hari ni, so bulan
Juli Ririn peulang tahun ke sebelas. Tara meriah, saperti ulang tahun
tamang-tamang Ririn. Ada yang kasih kado, kasih amplop, dan kue ulang tahun.
Tapi Ririn peulang tahun sabelumnya, semunya tarada. Tahun ni, cuma satu yang
dia mo minta, sepeda. Sepeda buat pigi ke sekolah. Selama ni, dia dapa antar
papa naek motor bebek. Dia ingin mandiri saperti tamang lain.
Tiap hari Ririn
salalu minta sepeda. Muali dari tanggal 1 bulan Juli kalamarin, padahal dia pe
ulang tanggal 31 Juli, masih satu bulan so badusu papa buat babeli sepeda.
Alasannya, “Ni so bulan Juli, Ririn pebulan ulang tahun.”
Jam 5 solewat,
Ririn sosiap mo mandi dan tara lupa sholat subuh. Dia anak rajin, setelah mandi
batidur lagi. Masih mangantuk katanya. Tara tahu bikin napa ni hari dia pemalas
sakali. Tara bantu mama menyapu. Tapi, mama basyukur biar Ririn tara bantu,
kalo Ririn bantu semua berantakan. “Ma, kalo kita bantu jang lihat kita pe
hasil, tapi niat di dalam hati.” Mama cuma bageleng kapala saja.
“Bangun sayang,
sojam 6, sabantar adek tarlambat ke sekolah.”
Mama kasih bangun Ririn pelan-pelan.
“Ma sekarang masih
tanggal merah.” Ririn tunjuk kalender di dinding, so dikasih tebal pake spidol
merah. Mama cuma senyum.
“Dek, hari ni
pertama adek masok ke sekolah. Sabantar tara dapa tampat duduk di balakang.”
Mama babuju Ririn.
“Saya ma.” Ririn
tapaksa bangun. Dalam moto hidup Ririn tampat duduk terbaik, tampat duduk
paling balakang.
“Ma kapan papa beli kita pesepeda.”
Ririn marajuk ke mama.
“Sabar sayang kalo
papa so ada rizki, Papa akan beli sepeda baru buat adek pake pigi sekolah.”
“Janji.”
“Saya, mama
janji.” Jawab mama lirih. Ririn peluk mama deng erat-erat.
“Palan-palan
sayang, mama tara bisa banapas ni.” Ririn cuma tasenyum.
Ririn siap-siap
berangkat sekolah.
***
Perjalanan ke
sekolah Ririn diantar papa. Ni kebiasaan rutin papa mengantar Ririn ke sekolah.
Papa sering terlambat ke kantor. Papa setuju Ririn minta sepeda. Agar Ririn
dapat mandiri dan tara kasih sibuk papa.
Perjalan ke sekolah,
Ririn batanya ke papa penasaran, “Pa, kenapa motor ni disebut motor bebek,
kenapa tara disebut motor ayam?” Tanya Ririn panjang kali lebar, eh bukan, kali
tinggi.
“Karna kalo kita
panggil motor ayam, tara menoleh sayang.” Jawaban papa sekenanya.
“Ih papa, kita
panggil motor bebek juga tara menoleh juga.” Jawab Ririn tara mau mangalah.
“Ni motor sayang,
bukan binatang.”
“Saya papa, kita
so tahu.” Ririn marajuk. Dia badiam sampai sekolah. Papa kaku sekali, tara bisa diajak bacanda.
***
So sampai sekolah
Ririn jumpa deng tamang sakelas, dia penama Kina. Kina so anggap saudara deng
Ririn. Kina tamang dekat Ririn mulai kelas satu. Dorang 2 tara bisa pisah,
lengket saperti perangko. Kalo Kina pigi ke kantin, Ririn juga pigi kantin.
Kalo Kina makan nasi kuning, Ririn juga makan nasi kuning. Kalo Kina mamaki,
Ririn tara iko mamaki. Ririn tamang yang baik, dia balas deng nasehat. “Barang
sapa marah-marah, akan cepat tua.”
“Selamat pagi
kina.” Sapa Ririn.
“Pagi, Ririn.”
Jawab kina
“Kalamarin tara
masok sekolah bikin apa kina?” Tanya Ririn asal.
“Maksud? Ririn
ngana sehat?” Tanya kina khawatir. “Pagi-pagi jang mulai gila, kalamarin masih
libur sekolah dua minggu.” Ririn masih bakucari tampat duduk bagian belakang.
“Kina, pagi-pagi
jang bateriak.” Ririn jawab. Dia so dapa tampat duduk, sebelah deng Kina. Dia
tara bisa jauh-jauh daeng Kina. Kadang-kadang bakulahi, tapi Ririn tara bisa
jauh-jauh deng kina.
“Ih, sapa yang
bateriak.” Kina so panas.
Suara bel sekolah
babunyi. Wali kelas Ririn dan Kina Bu guru cantik, masih sendiri. Dorang sering
panggil Ibu Eti. Bu Eti sangat sabar deng dorang dua. Pernah ada pelajaran
bagambar binatang. Kina bagambar Sapi. Bagitu kreatif, Kina bagambar sampai di
meja menggunakan spidol hitam.
“Tara muat bu,
buku gambarnya.” Kata Kina. “Cuma dapa kaki, kina gambar bu.” Lanjut Kina
“Kina, gambarnya
bisa dikecilin.” Bu Guru kasih komentar.
“Tara bisa bu,
kalo kecil, bukan sapi.” Ririn disamping Kina, juga baikot Kina. Malah lebih
parah, so tembus tembok.
“Ririn, ngana
bagambar apa?” Tanya Bu Guru bingung deng gambar Ririn.
“Serangga kaki seribu.” Ririn masih asyik
bagambar.”Masih 679 bu, depekaki masih kurang 300.”
“Ririn bisa
bagambar di buku gambar.”
“So habis bu, buku
gambar Ririn.” Bu Guru cuma banapas dalam-dalam. Untung Bu Guru ikhlas
mengajar.
Pelajaran dimulai deng babuat carita selama libur sekolah. Ririn dan Kina
semangat sekali. Dorang dua so mulai batulis, berbeda deng tamang-tamang
sakelas masih bacari ide cerita.
“Sapa yang
mobacerita?” Tanya bu Guru.
“Kita bu.” Ririn jawab
langsung dia angkat Kina petangan
tinggi-tinggi.
Bu guru cuma bisa
senyum bingung. “Ririn dulu dah, maju bacarita tentang libur sekolah”
“Saya bu.” Ririn
kecewa, bukan Kina yang maju.
“Ehem.” Ririn so
mulai bacarita. “Assalamu’alaikum
warohmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi tamang-tamang yang kita cintai,
pertama-tama sebelum kita bacarita, kita mulai
baca surat Al-Fatihah. “
Tamang-tamang
bingung saling baku tatap muka, eh jang talalu saki. maksudnya saling baku
haga.
“Untuk tamang
non-islam bisa menyesuaikan.” Ririn melanjutkan bacarita. Sakelas tahu,
kitorang tarada non-islam. Kitorang semua islam.
“Ririn so mulai
gila.” Kina babicara dalam hati.
Ririn babaca surat
Al-Fatihah deng lancar. Lalu Lanjut bacaritanya
“Amiin. Waktu tu,
kita liburan pigi ke tete perumah. Kita senang sekali. Di tete perumah ada tiga
ayam, di sungai satu. Kong ada berapa ayam di tete pe rumah?”
“Ampat” jawab
tamang-tamang sekolah serentak. Kina masih bagaruk-garuk kapala yang tara
gatal.
“Salah, Tiga.”
“Ampatlah, tiga tamba
satu ampatlah.” Salah satu tamang baprotes.
“Kita tanya ayam
di tete perumah, bukan tiga tamba satu.” Jawab Ririn deng teori dibuat sendiri.
Semua tamang mengangguk satuju.
“Selanjutnya...”
Ririn badiam sabentar. ”Bu mo minta izin kebalakang. mobuang air.” Tanya Ririn
palan. Tara menunggu jawaban dari bu guru, dia langsung kaluar kelas.
Tara lama, Ririn
kembali ke kelas. Dia berjalan santai tara ada beban sama sekali.
“Maaf
tamang-tamang, tadi ada sadiki kendala teknis. ”Ririn lanjut bacarita. “Dua hari
kita menginap tete perumah. Hari pertama kita diajak tete baronda di pantai,
mangail ikan. Tapi tara dapa ikan. Jadi kita beli ikan di warung. Enak.”
“Hari kedua kita
baronda deng tamang kampung, dia penama Ali. Kita diajak dia perumah. Dia
perumah pelihara anjing. Kita dikasih peluit, tapi anehnya kita tiup tarada
suara. Anjing sabelah bateriak tara jelas. Kita tako. Ali kasih tenang dia
peanjing. Sekian dan terimakasih.”
Semua tadiam,
tiba-tiba so selesai. “manggantung sakali.” Tamang laki-laki baprotes lagi.
“Kasih tepuk
tangan buat Ririn.” Bu guru menengahi. “Terimakasih Ririn, caritanya bagus
sakali.”
“Bu guru, peliut
Ali punya, bikingapa kong tarada suara?” tanya Ririn.
“Peliut tuh,
dikhususkan untuk anjing. Perbedaan peliut kita sering dengar deng Ali punya
terletak di Frekuensi. Frekuensi peluit manusia bisa dengar tu, 20-20.000 Hz.”
Bu guru menuliskan angka tasebut di papan tulis.
“Sedangkan peluit
Ali punya di atas 20.00 Hz. Juga bisa disebut Peluit Ultrasonik. Kalo di bawah
20Hz disebut deng Infrasonic.” Penjelasan Ibu guru panjang-panjang.
Semua murid
sakelas tara mengerti.
“Materi tasebut
sabantar kita dapa di bangku SMP.”
“Alhamdulillah.”
Jawab Ririn pedalam hati.
“Untung saja.”
Respon Kina. Ririn taseyum lihat Kina mengeluh. Pelajaran bacarita libur
sekolah so selesai.
***
Bel babunnyi,
semua murid berhamburan kaluar kelas. Ririn dan Kina manuju kantin sekolah.
Dorang dua pesan nasi kuning. Tara lama adi dan sandi datang.
“Gawat.” Ririn
babicara sandiri. “Kita pehati salalu bagetar lihat Adi.” Kina pewajah panik.
“Ngana sakit?”
Kina barespon.
“Tarada.”
“Kapan ngana
pehati somulai bagetar.” Tanya Kina penasaran.
“Semenjak kita
pinjam Adi pena tara kita kembalikan.” Kina batapok dia pedahi.
Adi dan Sandi,
dari kelas sabelah V (lima) B. Ririn dan Kina di Kelas V (lima) A. Dorang kalo
so bakumpul, salalu meriah. Dorang punya karakter rambut sandiri-sandiri. Kina
deng rambut panjang terurai. Adi deng rambut kribo lebat. Rambut Adi dulu tara
kribo. Gara-gara salah pake shampo. Sabun cair Adi jadikan shampo. Ada-ada
saja. Sandi perambut model tantara. Ririn deng wajah manis pake hijab.
Saperti biasa,
Kina punya doi lebih traktir Ririn makan nasi kuning. Adi traktir kita es teh,
dan sandi deng santai bantu baca do’a. Semua tahu, Ririn batabung doi buat beli
sepeda.
“Kita punya
tebak-tebakan.” Ririn basemangat. “Apa pembeda antara Sandi deng Pak Satpam
sekolah.”
“Sama-sama,
laki-laki.” Adi bajawab.
“Salah.”
“Nyerah dah.”
Jawab Kina.
“Sama-sama tara
traktir kita.” Ririn bagara Sandi.
Sandi tara mo
kalah deng Ririn. “Kita juga punya tebak-tebakan.” Sandi diam sabentar.
“Binatang apa punya nama cuma satu huruf?”
Ririn bapikir
keras, tapi tara dapa jawaban. Nasi kuning Ririn so habis. Dia haga nasi Kina
masi banyak. Ririn bantu habisin.
“Nyerah dah.”
Jawab Kina pamalas bapikir.
“G-Ajah. Gajah.”
Sandi tasenyum menang.
Adi juga mo kasih
tebak-tebakan juga.
“Gajah, gajah
terbang kelihatan depeapa?”
“Kelihatan dia
pebadan.” Ririn bajawab asal.
“Salah.”
“Kelihatan dia
pesayap.” Sandi pejawaban.
“Nyerah dah.”
Jawab kina.
“Kelihatan foya,
mana ada gajah bisa terbang.” Semua talihat kesal deng jawaban Adi.
Ririn, Adi dan
Sandi saling bahaga ke Kina. Kina pamalas kasih tebak-tebakan. Tepaksa Kina
kasih pertanyaan.
“Gajah yang paling
besar depeapa?” Kina basuara.
“Perut.” Tebak
Adi.
“Salah.” Balas
Kina
“Besar depekaki”
Jawab Ririn.
“Masih salah.”
Balas Kina Singkat.”Menyerah?”
“Iyo, menyerah.”
Sandi so menyerah.
“Gajah besar
depekandang.” Semua baangguk setuju.
Selesai makan
dorang masih carita kesana kemari. Adi somulai bacarita peliburan sekolah iko
bersih-bersih pantai. Kebetulan di Adi pedesa mengadakan bersih pantai deng
Tema Lindungi Pantai deng sampah plastik. Adi iko kegiatan tasebut.
“Dipantai talalu
banyak sampah plastik.” Adi somulai bacarita. “Kitorang berishin pantai
beramai-ramai. Seru tara bisa kita lupakan.”
“Kong pantai
sekarang so bersih?” Tanya Ririn.
“Tarada. Kalo
kitorang masih babuang sampah sembarang. Tara pada tampatnya. Akan ada salalu
sampah di pantai.” Adi kasih panjalasan. Ririn baasal buang sampah bekas
kerupuk di bawah meja, dia ambil lagi kasih masok tong sampah di sabelah.
“Torang tahu kah
tarada?” Adi mulai malanjutkan “Kita pesampah plastik ni tara bisa terurai 10
sampe deng 500 tahun. Kita bisa bayangkan ikan makan sampah plastik. Lama-lama
kita tara bisa makan ikan.”
Kina bapikir
sajenak. “Berarti kitorang ubah kebiasaan kita peburuk babuang sampah
sambarang.” Kina menyimpulkan.
“Betul.” Adi
merespon. “Kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kitorang sapa lagi.”
“Kita juga mo
carita ni.” Kina basuara. “Selama ni, kita peliburan di rumah. Tara pigi
kemana-mana. Kita cuma babantu mama bikin kue. Sekarang kita sotahu caranya
bikin kue tart.”
“Hore.” Ririn
basemangat. “Kina, sabentar kita peulang tahun, ngana yang bikin kue ya.”
“Ririn, kita masih
belajar.” Ririn pasang wajah basedih. “Sabentar kita minta bantu mama dah.”
“Terimakasih
Kina.” Ririn bapeluk Kina.
“Kita iri deng
ngana.” Sandi menimpali. “Kita juga ingin jadi anak mami juga.”
“Tara usah iri.
Kitorang berbeda-beda tetap satu juga.” Ririn basuara ngawur sambil minum es
teh tinggal sadiki.
“Masih jam 10,
masih pagi tara usah bagila.” Kina baprotes.
Jam istirahat
soselesai, semua murid masok kelas.
***
Setelah istirahat,
Bu guru mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bu Guru
manjelaskan tentang organ tumbuhan dan hewan. Sabelum masuk pelajaran. Bu Guru
mengulang kembali pelajaran di kelas 4.
“Sapa ya masih inga ciri makhluk
hidup?”
“Kita.” Ririn angkat tangan.
“Bernapas”
“Saya Ririn, Betul ada lagi.”
“Bu tumbuhan
termasuk makhluk hidup?” Kina batanya.
“Saya Kina,
tumbuhan termasuk makhluk hidup.”
“Tumbuhan bernapas
deng apa bu?” Kina batanya lagi.
“Pertanyaan bagus.
Tumbuhan bernapas menyerap Karbondioksida (CO2) dan mengeluarkan
Oksigen (O2), proses ni disebut deng Fotosintesis.” Jawab Bu Guru
jelas dan singkat
“Bu tumbuhan
pealat pernapasan apa bu?” Ririn batanya, tara mau kalah deng Kina.
“Tumbuhan punya 2
alat pernapasan. Pertama deng stomata, kadua deng Lentisel. Sabantar kitorang
balajar 2 alat pernapasan tumbuhan tasebut.”
“Yes.” Jawab Ririn
basemangat.
“Ada yang tahu,
Paus banapas deng apa?” Bu Guru batanya lagi.
“Insang Bu.” Salah
satu tamang kelas menjawab.
“Bukan, Paus
termasuk mamalia terbesar. Tara bisa banapas deng Insang.” Bu Guru kasih
petunjuk lain.
“Lentisel Bu.”
Jawab Ririn Asal.
“Bukan Ririn. Ayo,
mendekati benar. Mamalia banapas deng?”
“Paru-paru Bu”
Jawab Kina.
“Benar Kina. Jadi
Paus banapas deng paru-paru.”
Selama satu jam
setenga Bu guru menjelaskan materi. Habis itu Bu Guru keluar kelas. Bu guru
tara kembali, RIrin dan Kina menunggu kesal. So satu jam lebih bu guru tara
masuk kelas.
“Sepertinya kita
pulang tempo.” Kina kasih pendapat.
“Asyik, kita
pulang iko pangana ya?” Ririn basemangat. “Kita mo mampir ngana perumah, bacoba
kue yang ngana buat.”
“So habis.”
“Bafoya.”
“Ih kau ni, tara
percaya. Besok dah, ngana peulang tahun kita buatkan kue yang paling enak.”
“Janji.” Jari
kelingkin RIrin di angkat ke arah Kina. Melambangkan sebuah perjanjian.
“Janji.” Kina
babalas jari kelingking Ririn. Perjanjian sodisepakati.
“Jang lupa kasih
lilin Sizuka ya.” Kina bengong.
“Insya Allah
Ririn, kalo ada ya.” Ririn peluk Kina.
***
Sekolah pulang
tempo, ni hari pertama masuk sekolah. Cuma dua pelajaran. Ririn pulang baku
gonceng deng Kina. Naik sepeda Kina. Dorang dua baku ganti bagonceng.
So sampai di rumah
Ririn langsung ke kamar mandi. So selesai ke kamar mandi, mama batanya khawatir.
“Adek kamu bikinnapa?”
“Mules ma, Ririn pe perut sakit.”
“Adek jajan sembarangan ya.”
“Tarada ma. Ririn tara jajan sembaran
ma, doi Ririn masih utuh ma.”
“Jang foya.”
“Bener ma”
“Lihat tuh, hidung adek so mulai
mancung.”
“Mama kira Ririn Pinokio, lihat Ririn
pehidung. Masuk kedalam.”
“Kong bikinnapa kebelakang tadi?”
“Ririn tara kebelakang ma, Ririn tadi
kesamping. Kamar mandi kitorang disamping, bukan dibelakang.” Ririn baprotes.
“kita di sekolah di traktir Kina dan Adi ma.”
“Bener.”
“Saya ma.”
“Mama percaya. Lain kali jang jajan
sembarang ya.”
“Tadi Ririn makan nasi kuning, tara
jajan sembarang. Di kantin tarada jajan sembarang ma.” Jawab Ririn Polos. “Ma
Ririn lapar.”
“Bukannya adek pe perut masih sakit?
Sebantar adek kasih obat dulu ya.”
“Baik ma.”
Ririn dikasih skincare dibagian perut, balanjut makan. Tara lama dia tatidur
dipangkuan mama. Mama iko tatidur juga.
***
Hari ni Ririn
peulang tahun. Persipaan semua so siap. Mama deng papa Ririn mendekor pesta
ulang tahun ala kadar saja. Tarada doi yang tasisa, doi digunakan buat beli
sepeda. Kalamarin mama dan papa baputar-putar pasar cari Ririn pesepeda deng
gambar Shizuka. Mama so lelah, sepeda belum ditemukan. Tara kehabisan akal mama
minta papa beli stiker Shizuka. Sepeda baru Ririn penuh deng gambar Shizuka.
Tamang so bakumpul
di Ririn perumah. Cuma ada Kina, Adi, dan Sandi. Sebenarnya dorang datang tara
diundang, pulang pun tara diantar. Dorang seperti jailangkung. Serem.
Kina, Adi, dan
Sandi so belikan Ririn pe hadiah. Dorang bakumpul doi sama-sama. Cuma bisa beli
kamera polaroid. Kata dorang, kamera polaorid kamera canggih, kalo foto so bisa
langsung cetak. Dorang tara salah, tapi
kan kamera polaroid dibuat memang bagitu.
Adi dan Sandi
masih pake baju sekolah. Dorang perumah jauh tara sempat baganti. Dorang so
siap balapis baju. So antisipasi memang. Adi balapis baju batulis kata satu
darah. Kalo Sandi balapis baju bagambar Naruto, Serigala berekor delapan.
Taratahu Sandi beli baju dimana dapa serigala berekor depalan. Seharusnya
berekor sebelas.
Kina perumah dekat
deng Ririn perumah. Kina bisa baganti baju. Kina kelihatan cantik. Rambut
diikat ekor kuda deng baju pink. Mama Kina tara bisa datang Ririn peulang
tahun. Ada urusan mendadak kata Kina.
Kue ulang tahun so
siap. Permintaan Ririn kue ulang tahun deng patung lilin Shizuka tara takabul.
Tarada yang jual. Mama Kina cuma kasih kue deng kasih lilin angka 12, berarti
sekarang ulang Ririn ke 12.
Acara dimeriahkan
deng 6 orang, Ririn, Kina, Adi, Sandi, mama Ririn deng papa Ririn. Sabelum
meniup lilin Ririn baca do’a. Kemudian batiup lilin. Kue dipotong.
Mama batanya
penasaran do’a Ririn. “Adek, ngana tadi berdo’a apa?”
“Ririn berdo’a,
semoga hadiah ulang tahun Ririn dikasih kado Smartphone.” Ririn jawab polos.
“Bukannya
kalamarin minta sepeda.”
“Tara jadi ma,
Ririn mau jadi presenter. Ririn mau punya youtube ma.” Mama baku haga deng papa
tara maksud deng Ririn pehati.
“Bikinnapa
presenter tampil di youtube?” Tanya papa.
“Bagini pa,
kalamarin kucing Kina mati, kasian tarada yang tahu. Terus Ririn mau bantu Kina
pa.” Ririn menjelaskan.
“Yah, Papa sudah
belikan sepeda buat Ririn.” Papa mengeluh.
“Tara apa pa,
sepeda aja. Smartphone tahun depan
dah.” Jawab Ririn. Mama bageleng kepala. “Mana pa sepedanya?”
Papa mengeluarkan
sepedanya dari kamar. “Tada, Ni sepeda baru buat Ririn. Sekarang Ririn so bisa
pigi sekolah sendiri. Tara diantar Papa lagi.” Ririn semangat bapeluk Papa dan
Mama.
“Makasih ma, pa.
Mama dan papa paling terbaik.”
“Iya sayang, adek
harus nurut ya mama dan papa.” Mama balas deng kasih sayang.
“Saya ma.”
Kue dibagikan mama
dan papa dahulu. Kemudian Kina juga, taralupa Ririn kasih kue Adi dan Sandi
porsi besar. Ririn mangerti, dorang dua makan banyak.
Kina, Adi, dan
Sandi kasih kado Ririn. Ririn senang sakali dapa kamera polaroid. Kamera ni
kelihatan ketinggala zaman. Tapi Ririn suka. Dorang empat foto bersama. Hari ni
adalah hari Ririn peulang tahun yang paling meriah.
-selesai-
0 Komentar