Ririn Pehadiah Ulang Tahun (Melayu Ternate)

 

Sunset di Sidangoli, Dokumentasi Agustus 2021

“Kukuruyuk” Pagi-pagi suara peayam jantan somulai bateriak. Adek kecil deng muka manis tasenyum. Dia pemata masih tatutup, tapi dia pejiwa so tabangun.

“Kukuruyu uk uk uk uk uk uk” suara peayam jantan tadengar lagi deng tabatuk batuk. Adek kecil tatawa.

“Selamat pagi.” Jawab peadek kecil. “Makanya kalo kasih bangun tara usah kuat-kuat, babatukkan?”

Adek kecil ni bahenju sakali. Sekarang sokelas 5, hari ni dia somaso sekolah. dia penama Ririn. Waktu kacil dulu, kalo ditanya “Ngana penama sapa adek kecil?” dia salalu bajawab “Ririn”. “Ni sapa pedoi?”, dia langsung bajawab “Ririn punya.” Kecuali kalo ditanya “Babau sekali, sapa yang konto?”, dia langsung batutup hidung, sambil bajawab, “sapa yang bakonto?”, terus bateriak “mangaku?”

Ririn hidup bertiga deng mama, dan papa. Mama Ririn punya hobi memasak, tapi tara bisa bikin kue. Kue bikinan mama kelihatan hitam, pahit kalo dimakan.

Ririn suka baprotes, “Ma, lebih baik kitorang beli kue di luar aja ya. Lebih irit daripada bikinan mama.” Ririn baprotes “Lebih murah, yang penting tara hitam.” Lanjut Ririn.

Papa Ririn pegawai kantoran biasa deng gaji pas-pasan. Cukup menghidupi keluarga kecil ni. Tara lebih tara kurang.

Cita-cita Ririn ingin jadi presenter. Tamang lain lihat tayangan acara animasi, Ririn beda, dia lihat berita. Ririn sering mengikoti presenter di televisi. Waktu kecil Ririn pebakat so mulai keliahatan. Kalo mama bilang “mama” Ririn juga mengikoti “mama.” Yaiyayah Ririn belajar babicara.

Kadang-kadang Ririn sering mewawancari mama di dapur. Ririn pake pencil jadi microfon. Ririn pegaya so jadi presenter kecil.

“Mama lagi bikinanapa?”

“Mama lagi masak dek. Kong adek bikinnapa?”

“Ririn lagi wawancara, tara usah bales tanya ma.” Ririn tara suka mama tanya balik. “Lagi masak apa?” Ririn melanjutkan.

“Mama masak nasi goreng.”

“Ririn suka nasi goreng. Bikin yang enak ma.” Usul Ririn. “Demekian berita dari dapur Ririn. TVnews melaporkan.”

Lain waktu, Ririn suka menginformasikan berita tara penting. Bagitu tara pentingnya Ririn tetap jadi presenter mau kasih info ke kitorang semua.

“Di luar hujan lebat. Kolam ikan kebanjiran. Ikan tenggelam. Kasihan sekali.” Ririn badiam sejenak. “Untung Dorang bisa berenang. Sampai sekarang ikan tara mau keluar dalam air. Dorang so betah sampai-sampai dipanggil kacang lupa kulitnya.” Ririn bapikir sebentar.”Bukan kacang lupa kulitnya, tapi ikan lupa daratan. Kita Ririn TVnews melaporkan.” Mama dan papa cuma bengong deng tingkah Ririn.

Ririn suka sekali deng karakter Shizuka di film animasi Doraemon. Kata dia, “Shizuka itu cantik, manis, dan pintar sama deng Ririn.” Talalu suka deng Shizuka, sampai-sampai Ririn petembok dikasih gambar Shizuka. Tas gambar Shizuka, sepatu juga gambar shizuka. Untung sekolah tara bolehin sepatu gambar Shizuka. Ririn tapaksa pake sepatu hitam putih.

Hari ni, so bulan Juli Ririn peulang tahun ke sebelas. Tara meriah, saperti ulang tahun tamang-tamang Ririn. Ada yang kasih kado, kasih amplop, dan kue ulang tahun. Tapi Ririn peulang tahun sabelumnya, semunya tarada. Tahun ni, cuma satu yang dia mo minta, sepeda. Sepeda buat pigi ke sekolah. Selama ni, dia dapa antar papa naek motor bebek. Dia ingin mandiri saperti tamang lain.

Tiap hari Ririn salalu minta sepeda. Muali dari tanggal 1 bulan Juli kalamarin, padahal dia pe ulang tanggal 31 Juli, masih satu bulan so badusu papa buat babeli sepeda. Alasannya, “Ni so bulan Juli, Ririn pebulan ulang tahun.”

Jam 5 solewat, Ririn sosiap mo mandi dan tara lupa sholat subuh. Dia anak rajin, setelah mandi batidur lagi. Masih mangantuk katanya. Tara tahu bikin napa ni hari dia pemalas sakali. Tara bantu mama menyapu. Tapi, mama basyukur biar Ririn tara bantu, kalo Ririn bantu semua berantakan. “Ma, kalo kita bantu jang lihat kita pe hasil, tapi niat di dalam hati.” Mama cuma bageleng kapala saja.

“Bangun sayang, sojam 6, sabantar adek tarlambat ke sekolah.”  Mama kasih bangun Ririn pelan-pelan.

“Ma sekarang masih tanggal merah.” Ririn tunjuk kalender di dinding, so dikasih tebal pake spidol merah. Mama cuma senyum.

“Dek, hari ni pertama adek masok ke sekolah. Sabantar tara dapa tampat duduk di balakang.” Mama babuju Ririn.

“Saya ma.” Ririn tapaksa bangun. Dalam moto hidup Ririn tampat duduk terbaik, tampat duduk paling balakang.

“Ma kapan papa beli kita pesepeda.” Ririn marajuk ke mama.

“Sabar sayang kalo papa so ada rizki, Papa akan beli sepeda baru buat adek pake pigi sekolah.”

“Janji.”

“Saya, mama janji.” Jawab mama lirih. Ririn peluk mama deng erat-erat.

“Palan-palan sayang, mama tara bisa banapas ni.” Ririn cuma tasenyum.

Ririn siap-siap berangkat sekolah.

***

Perjalanan ke sekolah Ririn diantar papa. Ni kebiasaan rutin papa mengantar Ririn ke sekolah. Papa sering terlambat ke kantor. Papa setuju Ririn minta sepeda. Agar Ririn dapat mandiri dan tara kasih sibuk papa.

Perjalan ke sekolah, Ririn batanya ke papa penasaran, “Pa, kenapa motor ni disebut motor bebek, kenapa tara disebut motor ayam?” Tanya Ririn panjang kali lebar, eh bukan, kali tinggi.

“Karna kalo kita panggil motor ayam, tara menoleh sayang.” Jawaban papa sekenanya.

“Ih papa, kita panggil motor bebek juga tara menoleh juga.” Jawab Ririn tara mau mangalah.

“Ni motor sayang, bukan binatang.”

“Saya papa, kita so tahu.” Ririn marajuk. Dia badiam sampai sekolah. Papa kaku sekali,  tara bisa diajak bacanda.

***

So sampai sekolah Ririn jumpa deng tamang sakelas, dia penama Kina. Kina so anggap saudara deng Ririn. Kina tamang dekat Ririn mulai kelas satu. Dorang 2 tara bisa pisah, lengket saperti perangko. Kalo Kina pigi ke kantin, Ririn juga pigi kantin. Kalo Kina makan nasi kuning, Ririn juga makan nasi kuning. Kalo Kina mamaki, Ririn tara iko mamaki. Ririn tamang yang baik, dia balas deng nasehat. “Barang sapa marah-marah, akan cepat tua.”

“Selamat pagi kina.” Sapa Ririn.

“Pagi, Ririn.” Jawab kina

“Kalamarin tara masok sekolah bikin apa kina?” Tanya Ririn asal.

“Maksud? Ririn ngana sehat?” Tanya kina khawatir. “Pagi-pagi jang mulai gila, kalamarin masih libur sekolah dua minggu.” Ririn masih bakucari tampat duduk bagian belakang.

“Kina, pagi-pagi jang bateriak.” Ririn jawab. Dia so dapa tampat duduk, sebelah deng Kina. Dia tara bisa jauh-jauh daeng Kina. Kadang-kadang bakulahi, tapi Ririn tara bisa jauh-jauh deng kina.

“Ih, sapa yang bateriak.” Kina so panas.

Suara bel sekolah babunyi. Wali kelas Ririn dan Kina Bu guru cantik, masih sendiri. Dorang sering panggil Ibu Eti. Bu Eti sangat sabar deng dorang dua. Pernah ada pelajaran bagambar binatang. Kina bagambar Sapi. Bagitu kreatif, Kina bagambar sampai di meja menggunakan spidol hitam.

“Tara muat bu, buku gambarnya.” Kata Kina. “Cuma dapa kaki, kina gambar bu.” Lanjut Kina

“Kina, gambarnya bisa dikecilin.” Bu Guru kasih komentar.

“Tara bisa bu, kalo kecil, bukan sapi.” Ririn disamping Kina, juga baikot Kina. Malah lebih parah, so tembus tembok.

“Ririn, ngana bagambar apa?” Tanya Bu Guru bingung deng gambar Ririn.

 “Serangga kaki seribu.” Ririn masih asyik bagambar.”Masih 679 bu, depekaki masih kurang 300.”

“Ririn bisa bagambar di buku gambar.”

“So habis bu, buku gambar Ririn.” Bu Guru cuma banapas dalam-dalam. Untung Bu Guru ikhlas mengajar.

Pelajaran dimulai deng babuat carita selama libur sekolah. Ririn dan Kina semangat sekali. Dorang dua so mulai batulis, berbeda deng tamang-tamang sakelas masih bacari ide cerita.

“Sapa yang mobacerita?” Tanya bu Guru.

“Kita bu.” Ririn jawab langsung dia angkat  Kina petangan tinggi-tinggi.

Bu guru cuma bisa senyum bingung. “Ririn dulu dah, maju bacarita tentang libur sekolah”

“Saya bu.” Ririn kecewa, bukan Kina yang maju.

“Ehem.” Ririn so mulai bacarita. “Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi tamang-tamang yang kita cintai, pertama-tama sebelum kita bacarita, kita mulai  baca surat Al-Fatihah. “

Tamang-tamang bingung saling baku tatap muka, eh jang talalu saki. maksudnya saling baku haga.

“Untuk tamang non-islam bisa menyesuaikan.” Ririn melanjutkan bacarita. Sakelas tahu, kitorang tarada non-islam. Kitorang semua islam.

“Ririn so mulai gila.” Kina babicara dalam hati.

Ririn babaca surat Al-Fatihah deng lancar. Lalu Lanjut bacaritanya

“Amiin. Waktu tu, kita liburan pigi ke tete perumah. Kita senang sekali. Di tete perumah ada tiga ayam, di sungai satu. Kong ada berapa ayam di tete pe rumah?”

“Ampat” jawab tamang-tamang sekolah serentak. Kina masih bagaruk-garuk kapala yang tara gatal.

“Salah, Tiga.”

“Ampatlah, tiga tamba satu ampatlah.” Salah satu tamang baprotes.

“Kita tanya ayam di tete perumah, bukan tiga tamba satu.” Jawab Ririn deng teori dibuat sendiri. Semua tamang mengangguk satuju.

“Selanjutnya...” Ririn badiam sabentar. ”Bu mo minta izin kebalakang. mobuang air.” Tanya Ririn palan. Tara menunggu jawaban dari bu guru, dia langsung kaluar kelas.

Tara lama, Ririn kembali ke kelas. Dia berjalan santai tara ada beban sama sekali.

“Maaf tamang-tamang, tadi ada sadiki kendala teknis. ”Ririn lanjut bacarita. “Dua hari kita menginap tete perumah. Hari pertama kita diajak tete baronda di pantai, mangail ikan. Tapi tara dapa ikan. Jadi kita beli ikan di warung. Enak.”

“Hari kedua kita baronda deng tamang kampung, dia penama Ali. Kita diajak dia perumah. Dia perumah pelihara anjing. Kita dikasih peluit, tapi anehnya kita tiup tarada suara. Anjing sabelah bateriak tara jelas. Kita tako. Ali kasih tenang dia peanjing. Sekian dan terimakasih.”

Semua tadiam, tiba-tiba so selesai. “manggantung sakali.” Tamang laki-laki baprotes lagi.

“Kasih tepuk tangan buat Ririn.” Bu guru menengahi. “Terimakasih Ririn, caritanya bagus sakali.”

“Bu guru, peliut Ali punya, bikingapa kong tarada suara?” tanya Ririn.

“Peliut tuh, dikhususkan untuk anjing. Perbedaan peliut kita sering dengar deng Ali punya terletak di Frekuensi. Frekuensi peluit manusia bisa dengar tu, 20-20.000 Hz.” Bu guru menuliskan angka tasebut di papan tulis.

“Sedangkan peluit Ali punya di atas 20.00 Hz. Juga bisa disebut Peluit Ultrasonik. Kalo di bawah 20Hz disebut deng Infrasonic.” Penjelasan Ibu guru panjang-panjang.

Semua murid sakelas tara mengerti.

“Materi tasebut sabantar kita dapa di bangku SMP.”

“Alhamdulillah.” Jawab Ririn pedalam hati.

“Untung saja.” Respon Kina. Ririn taseyum lihat Kina mengeluh. Pelajaran bacarita libur sekolah so selesai.

***

Bel babunnyi, semua murid berhamburan kaluar kelas. Ririn dan Kina manuju kantin sekolah. Dorang dua pesan nasi kuning. Tara lama adi dan sandi datang.

“Gawat.” Ririn babicara sandiri. “Kita pehati salalu bagetar lihat Adi.” Kina pewajah panik.

“Ngana sakit?” Kina barespon.

“Tarada.”

“Kapan ngana pehati somulai bagetar.” Tanya Kina penasaran.

“Semenjak kita pinjam Adi pena tara kita kembalikan.” Kina batapok dia pedahi.

Adi dan Sandi, dari kelas sabelah V (lima) B. Ririn dan Kina di Kelas V (lima) A. Dorang kalo so bakumpul, salalu meriah. Dorang punya karakter rambut sandiri-sandiri. Kina deng rambut panjang terurai. Adi deng rambut kribo lebat. Rambut Adi dulu tara kribo. Gara-gara salah pake shampo. Sabun cair Adi jadikan shampo. Ada-ada saja. Sandi perambut model tantara. Ririn deng wajah manis pake hijab.

Saperti biasa, Kina punya doi lebih traktir Ririn makan nasi kuning. Adi traktir kita es teh, dan sandi deng santai bantu baca do’a. Semua tahu, Ririn batabung doi buat beli sepeda.

“Kita punya tebak-tebakan.” Ririn basemangat. “Apa pembeda antara Sandi deng Pak Satpam sekolah.”

“Sama-sama, laki-laki.” Adi bajawab.

“Salah.”

“Nyerah dah.” Jawab Kina.

“Sama-sama tara traktir kita.” Ririn bagara Sandi.

Sandi tara mo kalah deng Ririn. “Kita juga punya tebak-tebakan.” Sandi diam sabentar. “Binatang apa punya nama cuma satu huruf?”

Ririn bapikir keras, tapi tara dapa jawaban. Nasi kuning Ririn so habis. Dia haga nasi Kina masi banyak. Ririn bantu habisin.

“Nyerah dah.” Jawab Kina pamalas bapikir.

“G-Ajah. Gajah.” Sandi tasenyum menang.

Adi juga mo kasih tebak-tebakan juga.

“Gajah, gajah terbang kelihatan depeapa?”

“Kelihatan dia pebadan.” Ririn bajawab asal.

“Salah.”

“Kelihatan dia pesayap.” Sandi pejawaban.

“Nyerah dah.” Jawab kina.

“Kelihatan foya, mana ada gajah bisa terbang.” Semua talihat kesal deng jawaban Adi.

Ririn, Adi dan Sandi saling bahaga ke Kina. Kina pamalas kasih tebak-tebakan. Tepaksa Kina kasih pertanyaan.

“Gajah yang paling besar depeapa?” Kina basuara.

“Perut.” Tebak Adi.

“Salah.” Balas Kina

“Besar depekaki” Jawab Ririn.

“Masih salah.” Balas Kina Singkat.”Menyerah?”

“Iyo, menyerah.” Sandi so menyerah.

“Gajah besar depekandang.” Semua baangguk setuju.

Selesai makan dorang masih carita kesana kemari. Adi somulai bacarita peliburan sekolah iko bersih-bersih pantai. Kebetulan di Adi pedesa mengadakan bersih pantai deng Tema Lindungi Pantai deng sampah plastik. Adi iko kegiatan tasebut.

“Dipantai talalu banyak sampah plastik.” Adi somulai bacarita. “Kitorang berishin pantai beramai-ramai. Seru tara bisa kita lupakan.”

“Kong pantai sekarang so bersih?” Tanya Ririn.

“Tarada. Kalo kitorang masih babuang sampah sembarang. Tara pada tampatnya. Akan ada salalu sampah di pantai.” Adi kasih panjalasan. Ririn baasal buang sampah bekas kerupuk di bawah meja, dia ambil lagi kasih masok tong sampah di sabelah.

“Torang tahu kah tarada?” Adi mulai malanjutkan “Kita pesampah plastik ni tara bisa terurai 10 sampe deng 500 tahun. Kita bisa bayangkan ikan makan sampah plastik. Lama-lama kita tara bisa makan ikan.”

Kina bapikir sajenak. “Berarti kitorang ubah kebiasaan kita peburuk babuang sampah sambarang.” Kina menyimpulkan.

“Betul.” Adi merespon. “Kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kitorang sapa lagi.”

“Kita juga mo carita ni.” Kina basuara. “Selama ni, kita peliburan di rumah. Tara pigi kemana-mana. Kita cuma babantu mama bikin kue. Sekarang kita sotahu caranya bikin kue tart.”

“Hore.” Ririn basemangat. “Kina, sabentar kita peulang tahun, ngana yang bikin kue ya.”

“Ririn, kita masih belajar.” Ririn pasang wajah basedih. “Sabentar kita minta bantu mama dah.”

“Terimakasih Kina.” Ririn bapeluk Kina.

“Kita iri deng ngana.” Sandi menimpali. “Kita juga ingin jadi anak mami juga.”

“Tara usah iri. Kitorang berbeda-beda tetap satu juga.” Ririn basuara ngawur sambil minum es teh tinggal sadiki.

“Masih jam 10, masih pagi tara usah bagila.” Kina baprotes.

Jam istirahat soselesai, semua murid masok kelas.

***

Setelah istirahat, Bu guru mengajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Bu Guru manjelaskan tentang organ tumbuhan dan hewan. Sabelum masuk pelajaran. Bu Guru mengulang kembali pelajaran di kelas 4.

“Sapa ya masih inga ciri makhluk hidup?”

“Kita.” Ririn angkat tangan. “Bernapas”

“Saya Ririn, Betul ada lagi.”

“Bu tumbuhan termasuk makhluk hidup?” Kina batanya.

“Saya Kina, tumbuhan termasuk makhluk hidup.”

“Tumbuhan bernapas deng apa bu?” Kina batanya lagi.

“Pertanyaan bagus. Tumbuhan bernapas menyerap Karbondioksida (CO2) dan mengeluarkan Oksigen (O2), proses ni disebut deng Fotosintesis.” Jawab Bu Guru jelas dan singkat

“Bu tumbuhan pealat pernapasan apa bu?” Ririn batanya, tara mau kalah deng Kina.

“Tumbuhan punya 2 alat pernapasan. Pertama deng stomata, kadua deng Lentisel. Sabantar kitorang balajar 2 alat pernapasan tumbuhan tasebut.”

“Yes.” Jawab Ririn basemangat.

“Ada yang tahu, Paus banapas deng apa?” Bu Guru batanya lagi.

“Insang Bu.” Salah satu tamang kelas menjawab.

“Bukan, Paus termasuk mamalia terbesar. Tara bisa banapas deng Insang.” Bu Guru kasih petunjuk lain.

“Lentisel Bu.” Jawab Ririn Asal.

“Bukan Ririn. Ayo, mendekati benar. Mamalia banapas deng?”

“Paru-paru Bu” Jawab Kina.

“Benar Kina. Jadi Paus banapas deng paru-paru.”

Selama satu jam setenga Bu guru menjelaskan materi. Habis itu Bu Guru keluar kelas. Bu guru tara kembali, RIrin dan Kina menunggu kesal. So satu jam lebih bu guru tara masuk kelas.

“Sepertinya kita pulang tempo.” Kina kasih pendapat.

“Asyik, kita pulang iko pangana ya?” Ririn basemangat. “Kita mo mampir ngana perumah, bacoba kue yang ngana buat.”

“So habis.”

“Bafoya.”

“Ih kau ni, tara percaya. Besok dah, ngana peulang tahun kita buatkan kue yang paling enak.”

“Janji.” Jari kelingkin RIrin di angkat ke arah Kina. Melambangkan sebuah perjanjian.

“Janji.” Kina babalas jari kelingking Ririn. Perjanjian sodisepakati.

“Jang lupa kasih lilin Sizuka ya.” Kina bengong.

“Insya Allah Ririn, kalo ada ya.” Ririn peluk Kina.

***

Sekolah pulang tempo, ni hari pertama masuk sekolah. Cuma dua pelajaran. Ririn pulang baku gonceng deng Kina. Naik sepeda Kina. Dorang dua baku ganti bagonceng.

So sampai di rumah Ririn langsung ke kamar mandi. So selesai ke kamar mandi, mama batanya khawatir.

“Adek kamu bikinnapa?”

“Mules ma, Ririn pe perut sakit.”

“Adek jajan sembarangan ya.”

“Tarada ma. Ririn tara jajan sembaran ma, doi Ririn masih utuh ma.”

“Jang foya.”

“Bener ma”

“Lihat tuh, hidung adek so mulai mancung.”

“Mama kira Ririn Pinokio, lihat Ririn pehidung. Masuk kedalam.”

“Kong bikinnapa kebelakang tadi?”

“Ririn tara kebelakang ma, Ririn tadi kesamping. Kamar mandi kitorang disamping, bukan dibelakang.” Ririn baprotes. “kita di sekolah di traktir Kina dan Adi ma.”

“Bener.”

“Saya ma.”

“Mama percaya. Lain kali jang jajan sembarang ya.”

“Tadi Ririn makan nasi kuning, tara jajan sembarang. Di kantin tarada jajan sembarang ma.” Jawab Ririn Polos. “Ma Ririn lapar.”

“Bukannya adek pe perut masih sakit? Sebantar adek kasih obat dulu ya.”

“Baik ma.”

Ririn dikasih skincare dibagian perut, balanjut makan. Tara lama dia tatidur dipangkuan mama. Mama iko tatidur juga.

***

Hari ni Ririn peulang tahun. Persipaan semua so siap. Mama deng papa Ririn mendekor pesta ulang tahun ala kadar saja. Tarada doi yang tasisa, doi digunakan buat beli sepeda. Kalamarin mama dan papa baputar-putar pasar cari Ririn pesepeda deng gambar Shizuka. Mama so lelah, sepeda belum ditemukan. Tara kehabisan akal mama minta papa beli stiker Shizuka. Sepeda baru Ririn penuh deng gambar Shizuka.

Tamang so bakumpul di Ririn perumah. Cuma ada Kina, Adi, dan Sandi. Sebenarnya dorang datang tara diundang, pulang pun tara diantar. Dorang seperti jailangkung. Serem.

Kina, Adi, dan Sandi so belikan Ririn pe hadiah. Dorang bakumpul doi sama-sama. Cuma bisa beli kamera polaroid. Kata dorang, kamera polaorid kamera canggih, kalo foto so bisa langsung cetak. Dorang  tara salah, tapi kan kamera polaroid dibuat memang bagitu.

Adi dan Sandi masih pake baju sekolah. Dorang perumah jauh tara sempat baganti. Dorang so siap balapis baju. So antisipasi memang. Adi balapis baju batulis kata satu darah. Kalo Sandi balapis baju bagambar Naruto, Serigala berekor delapan. Taratahu Sandi beli baju dimana dapa serigala berekor depalan. Seharusnya berekor sebelas.

Kina perumah dekat deng Ririn perumah. Kina bisa baganti baju. Kina kelihatan cantik. Rambut diikat ekor kuda deng baju pink. Mama Kina tara bisa datang Ririn peulang tahun. Ada urusan mendadak kata Kina.

Kue ulang tahun so siap. Permintaan Ririn kue ulang tahun deng patung lilin Shizuka tara takabul. Tarada yang jual. Mama Kina cuma kasih kue deng kasih lilin angka 12, berarti sekarang ulang Ririn ke 12.

Acara dimeriahkan deng 6 orang, Ririn, Kina, Adi, Sandi, mama Ririn deng papa Ririn. Sabelum meniup lilin Ririn baca do’a. Kemudian batiup lilin. Kue dipotong.

Mama batanya penasaran do’a Ririn. “Adek, ngana tadi berdo’a apa?”

“Ririn berdo’a, semoga hadiah ulang tahun Ririn dikasih kado Smartphone.” Ririn jawab polos.

“Bukannya kalamarin minta sepeda.”

“Tara jadi ma, Ririn mau jadi presenter. Ririn mau punya youtube ma.” Mama baku haga deng papa tara maksud deng Ririn pehati.

“Bikinnapa presenter tampil di youtube?” Tanya papa.

“Bagini pa, kalamarin kucing Kina mati, kasian tarada yang tahu. Terus Ririn mau bantu Kina pa.” Ririn menjelaskan.

“Yah, Papa sudah belikan sepeda buat Ririn.” Papa mengeluh.

“Tara apa pa, sepeda aja. Smartphone tahun depan dah.” Jawab Ririn. Mama bageleng kepala. “Mana pa sepedanya?”

Papa mengeluarkan sepedanya dari kamar. “Tada, Ni sepeda baru buat Ririn. Sekarang Ririn so bisa pigi sekolah sendiri. Tara diantar Papa lagi.” Ririn semangat bapeluk Papa dan Mama.

“Makasih ma, pa. Mama dan papa paling terbaik.”

“Iya sayang, adek harus nurut ya mama dan papa.” Mama balas deng kasih sayang.

“Saya ma.”

Kue dibagikan mama dan papa dahulu. Kemudian Kina juga, taralupa Ririn kasih kue Adi dan Sandi porsi besar. Ririn mangerti, dorang dua makan banyak.

Kina, Adi, dan Sandi kasih kado Ririn. Ririn senang sakali dapa kamera polaroid. Kamera ni kelihatan ketinggala zaman. Tapi Ririn suka. Dorang empat foto bersama. Hari ni adalah hari Ririn peulang tahun yang paling meriah.

-selesai-

0 Komentar